Headphone dan Earphone adalah salah satu perangkat audio yang sudah tidak asing lagi di telinga kita,  kebanyakan orang memilih kedua benda ini sebagai teman perjalanan mereka karena lebih memiliki unsur privasi dibanding speaker biasa. Sebenarnya earphone dan headphone sendiri memiliki beberapa jenis yang masing masing memiliki tingkat kenyamanan yang berbeda bagi tiap tiap orang.

Maka hari ini saya akan mengulas beberapa jenis earphone dan headphone.

Contoh-contoh earphone, Earbuds dan In-Ear-Monitor

Earphone, ukurannya yang kecil memudahkan untuk dibawa dan disimpan.

1. Earphone Earbuds
Earbuds merupakan jenis earphone yang sering di bundling dengan penjualan barang elektronik seperti smartphone, jadi earphone jenis ini sering sekali dipakai orang-orang.
Earphone ini biasanya dilengkapi dengan foam atau spons kecil untuk meredam suara dari earbuds. Biasanya earbuds sendiri ukurannya lumayan besar jadi mudah lepas dari telinga, karena ukurannya yang tidak pas di lubang telinga ini pula terkadang suara dari luar masih bisa masuk kedalam.

2.Earphone In-Ear-Monitor (IEM)
In-Ear-Monitor (IEM) biasanya ukurannya lebih kecil  daripada earbuds dan digunakan dengan cara memasukan perangkat tersebut ke dalam lubang telinga.
IEM bisa meredam suara dari luar, jadi untuk mendengarkan musik tidak perlu dengan suara keras, namun harus berhati-hati juga saat menggunakan IEM saat berjalan kaki ataupun berada di keramaian.

Contoh-contoh headphone, Over-Ear, On-Ear, Headset

Headphone, ukurannya yang lebih besar dari earphone memberikan kenyamanan yang berbeda karena karena tidak langsung masuk kedalam telinga.

1. Over Ear Headphone
Headphone ini menggunakan Earpads(Penutup telinga) yang menutup seluruh permukaan telinga sehingga telinga kita berada ditengah2/didalamnya dan bantalannya menyentuh bagian luar telinga. Over Ear ini akan mengurangi suara suara dari luar.
Kelebihan headphone jenis ini, kita bisa mendengarkan suatu suara lebih sempurna sehingga headphone ini sering dipakai untuk mem-produce suatu rekaman atau memonitoring musik dan suara.

2. On Ear Headphone
Headphone ini saat dipakai Earpads(bantalan) akan menyentuh telinga. Biasanya memiliki ukuran lebih kecil sehingga lebih praktis untuk dibawa kemana - mana dan memiliki desain yang lebih simple.
Bisa digunakan saat berolahraga karena suara dari luar masih bisa masuk, tetapi tetap saja harus berhati-hati ya.

3. Headset
Headset adalah headphone yang ada microphone-nya. Jadi headphone yang bisa dipakai untuk melakukan komunikasi seperti menelpon, video call atau juga main game.
Jadi itulah mengapa headset gaming lebih populer.

Itulah beberapa jenis Earphone dan Headset, sudahkah anda menentukan perangkat apa yang ingin anda gunakan? Anda juga bisa membeli jenis jenis earphone dan headset melalui link ini ( https://iritnow.com/computer-accessories-peripherals/headset-earphone.html ).