Beranda » Yuk Cari Tahu Bahan Katun Melalui Ciri Dan Jenis Bahannya

Yuk Cari Tahu Bahan Katun Melalui Ciri Dan Jenis Bahannya

Bahan katun merupakan salah satu jenis kain yang sering digunakan karena nyaman dan dinilai menyerap keringat. Bahan katun kerap menjadi salah satu pilihan populer bahan pakaian. Ternyata bahan katun memiliki banyak jenis lho. Simak artikel di bawah ini untuk semakin tahu bahan katun yang cocok buat kamu.

Bahan Katun Adalah

Bahan katun adalah kain yang terbuat dari serat kapas. Mengutip Jurnal Perbedaan Kain Katun dan Poliester karya Delima Suardiningsih yang diterbitkan Universitas Negeri Semarang (Unnes), serat katun sudah dikenal sejak 5.000 SM. Bahan katun adalah bahan yang paling murah dari bahan serat alami lainnya. Bahan ini memiliki sifat lembut dan nyaman dikenakan.

Mengutip situs Cotton Mills, bahan katun merupakan salah satu bahan kain organik sehingga cocok digunakan untuk orang-orang yang memiliki alergi. Selain itu daya serapnya yang tinggi cocok digunakan bagi orang yang tinggal di daerah tropis seperti Indonesia.

Mengutip buku Teknologi Busana karya Farihah, Slot777 Gacor Halida Hanim, dkk, cara mengidentifikasi kain katun yakni dengan meremas bahan kemudian dilepaskan. Bahan katun yang asli segera terurai saat dilepaskan dan meninggalkan bekas remasan.

Ciri Ciri Bahan Katun

Untuk mengidentifikasi bahan katun tidaklah sulit. Mengutip jurnal Unnes, ada beberapa ciri-ciri bahan katun berdasarkan keunggulan maupun kekurangannya.

Berikut ini ciri-cirinya:

  1. Memiliki sifat kuat meski keadaan basah.
  2. Dapat menyerap air (higroskopis).
  3. Tahan panas setrika tinggi.
  4. Tahan obat-obat kelantang.
  5. Menarik panas tubuh
  6. Tidak tahan terhadap asam mineral dan asam organik.
  7. Bahan katun mudah kusut dan mengerut.
  8. Bahan katun dapat susut saat dicuci.
  9. Bahan katun harus disimpan dalam keadaan kering dan di tempat yang tidak lembab.

Jenis Bahan Katun

Sifat bahan katun yang kuat, daya serap yang bagus, dan tahan panas menjadikan kain dari bahan ini populer di antara masyarakat. Pabrik tekstil pun memproduksinya dalam jumlah massal dan beragam jenis. Berikut jenis bahan katun dikutip dari buku Teknologi Busana karya Farihah, Halida Hanim, dkk, dan situs distributor baju muslim.

Baca Juga : Mengenal Sejarah Piercing atau Tindik Yang Dulu Digunakan sebagai Penanda Status Sosial

1. Katun Biasa

Jenis katun ini berasal dari serat kapas berkualitas standar. Harga katun biasa ini lebih murah dibandingkan jenis bahan katun lainnya. Kain katun biasa memiliki banyak motif seperti garis, bunga, kotak, abstrak maupun polkadot. Ciri katun biasa ada pada gulungan atau pinggir kain yang tidak memiliki kode warna.

2. Katun Jepang Polos

Jenis katun Jepang yang terkenal adalah katun tokai senko yang diproduksi pabrik di Indonesia dan sudah mengantongi lisensi dari Jepang. Keunggulan jenis kain ini adalah memiliki kain yang tebal, bertekstur halus, dan memiliki serat kain yang kuat sehingga tidak mudah terurai. Katun Jepang ini memiliki warna yang tidak gampang pudar meski telah dicuci berkali-kali. Kain katun Jepang ini pun tergolong sebagai kain premium.

3. Katun Madras

Katun madras terkenal akan corak warnanya yang kaya. Katun ini mudah kusut, tapi sangat nyaman dipakai.

4. Popelin

Bahan katun popelin ini mudah menyerap keringat. Bahan katun ini kerap dipakai untuk membuat kemeja, blus, dan gaun.

5. Lawn

Jenis katun ini memiliki tekstur kain yang halus serta menyerap keringat. Bahannya ringan dan cocok untuk membuat blus, kerah yang lembut dan manset lengan.

6. Chambray

Katun chambray mudah dijahit dan nyaman dipakai. Bahan katun ini sering digunakan untuk membuat kemeja dan pakaian anak-anak.

7. Katun Ima Royal Platinum

Jenis kain katun ini memiliki ciri khas dengan tekstur kotak-kotak kecil yang tampak pada permukaan kainnya. Jenis kain ini memiliki karakteristik ringan dan tidak transparan.

8. Katun Toyobo Original Impor

Jenis katun ini memiliki karakteristik tidak kaku, ringan, halus, tidak terawang, adem, dan sedikit licin. Jenis katun ini banyak digunakan untuk bahan pembuatan gamis, baju koko, seragam kantor, dan merupakan salah satu jenis katun premium.

9. Katun Toyobo Fodu Impor Premium

Katun Toyobo Fodu Impor Premium memiliki karakteristik benang yang rapat, kain yang sedikit tebal, dan tampilan mengkilap. Katun ini merupakan salah satu jenis katun impor sehingga harganya lebih mahal.

10. Katun Madinah

Katun Madinah memiliki karakteristik mirip kain supernova yang memiliki serabut halus pada serat kainnya. Namun, harganya masih lebih mahal dibandingkan katun supernova. Ciri katun ini lembut, dingin, jatuh, ringan, dan tidak menerawang. Bahan katun madinah biasa digunakan sebagai bahan gamis dan jilbab.

iritnow

Kembali ke atas
error: Content is protected !!